Ingin Selamat, Waspadai Tujuh Pintu Ini

Tips  
Setan gemar mengganggu manusia melalui tujuh pintu

Pintu masuknya setan, kata Ibnu Qoyyim al Jauzi, ada tujuh. Maka kenalilah ia agar Anda bisa menutupnya rapat-rapat. Apa saja tujuh pintu tersebut? Berikut uraiannya.

Pertama, ambisi yang didasari atas nafsu dan rasa dengki. Jika seseorang sudah termakan oleh ambisi maka ia akan cenderung buta dan tuli. Ambisi juga akan menutupi cahaya kebenaran sehingga tak sampai menyinari hati.

Adapun rasa dengki, yakni keinginan agar kenikmatan hilang dari orang lain, bisa membuat manusia tak mau menuruti perintah Allah Ta'ala. Rasa dengki inilah yang membuat setan diusir oleh Allah Ta'ala dari surga.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Ini yang Harus Dilakukan Bila Bermimpi Buruk

Kedua, marah, syahwat, dan keras hati. Jika ketiga sifat tersebut bersarang pada diri seseorang, kata Ibnu Qoyyim, alamat bencana telah melanda akalnya. Jika akal sudah lemah maka tentara setan akan mudah menyerangnya dan memain-mainkannya sebagaimana anak kecil memainkan mainannya.

Ketiga, senang menghias rumahnya dan dirinya. Tak mengapa jika tidak berlebihan. Namun, jika sudah berlebihan, kata Ibnu Qoyyim, maka itu bisa melalaikan.

Keempat, kenyang. Sebab, kekenyangan itu memberatkan ketaatan.

BACA JUGA: Begini Cara Pemimpin Membuat Keputusan

Kelima, sikap tamak kepada orang lain atau bergantung kepada orang lain. Sikap tamak, jelas akan melalaikan. Sedang sikap bergantung kepada orang lain, bisa membuat kita berlebihan dalam memujinya dan selalu berusaha mencari muka. Jika sudah begini maka sulit ia akan menegakkan amar makruf dan nahi mungkar kepadanya.

Keenam, sikap tergesa-gesa sehingga tidak berhati-hati. Dan ketujuh, cinta harta.

Semoga Allah Ta'ala menjaga kita dari sikap-sikap di atas sehingga setan tak bisa masuk dan bersarang di hati kita. Aamiin. ***

Penulis: Mahladi Murni

Berita Terkait

Image

Hati yang Terkunci

Image

Kendalikan Amarah, Hindari Murka Allah

Image

Kunci Ketentraman Hati

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kisah Penugasan Dai ke Taliabo

Teluk Palu yang Pendiam

Korupsi Mengundang Azab Allah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image