Jusuf Kalla Tutup Silatnas Hidayatullah 2023

News  
Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla (tengah), menutup secara resmi acara Silaturrahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah.

BALIKPAPAN --- Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla (JK), menutup secara resmi acara Silaturrahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah di Pesantren Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Ahad (26/11/2023) jelang siang.

Di depan 20.000 dai dan daiyah termasuk yang menyaksikan lewat siaran langsung, Jusuf Kalla mengucapkan apresiasi dan selamat atas perjuangan setengah abad Hidayatullah berdakwah memajukan masyarakat Indonesia.

“Saya ucapkan selamat untuk para pejuang-pejuang dakwah yang hadir di sini, yang luar biasa, yang datang dari seluruh Indonesia. Dari kampung-kampung, kota-kota, dan gunung-gunung,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima Redaksi Tadabbur, Ahad (26/11).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengingatkan para peserta Silatnas Hidayatullah untuk meresapi jasa-jasa dan mendoakan KH Abdullah Said (Pendiri Hidayatullah) bersama kawan-kawannya yang menjadi pelopor merintis Hidayatullah.

Jusuf Kalla yang juga ketua Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong dakwah Hidayatullah juga memajukan kemakmuran masyarakat.

“Kita harus menyadari bahwa kebangkitan Islam di samping agamanya, yang harus dikembangkan itu ekonominya,” terangnya.

Menurutnya, di samping dakwah, Hidayatullah harus membangun program ekonomi. Puluhan ribu dai-dai yang dimiliki Hidayatullah juga harus dapat mengembangkan kemakmuran masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Organisasi ini harus digerakkan betul-betul dan diintensifkan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa masjid harus dimakmurkan, kemudian setelah masjid itu makmur dapat memakmurkan masyarakat sekitarnya.

“Saya menutup acara ini dengan mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil alamin,” pungkas Jusuf Kalla sebagai tanda berakhirnya secara resmi rangkaian acara Silatnas Hidayatullah 2023.

Silatnas Hidayatullah 2023 mengusung tema “50 Tahun Bersama Umat Membangun NKRI yang Beradab”. Ketua Panitia Silatnas, Dr Arfan, melaporkan, acara ini diikuti lebih dari 20.000 dai dan daiyah Hidayatullah dari seluruh Indonesia.

Perhelatan silaturrahim ini digelar di Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada 23-26 November 2023.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan sambutannya pada pembukaan Silatnas (23/11/2023). Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia, Saiful Rahmad Dasuki. ***

Penulis: Ibnu M Hawab |

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image