Taddabur al-Qur'an: Bertakwa dengan Mengingat Kiamat

Hikmah  
Al Qur'an, petunjuk dan sumber tadabbur bagi kaum Muslim

Al-Qur'an surat al- Hajj [22] dibuka dengan dua ayat yang berisi seruan Allah Ta'ala kepada manusia agar bertakwa. Seruan ini diikuti oleh peringatan tentang dahsyatnya Hari Kiamat.

Selengkapnya, ayat tersebut berbunyi:

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَىْءٌ عَظِيمٌ

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

yaaa ayyuhan-naasuttaquu robbakum, inna zalzalatas-saa'ati syai`un 'azhiim

"Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar."

يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّآ أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى وَمَا هُمْ بِسُكٰرٰى وَلٰكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ

yauma tarounahaa taz-halu kullu murdhi'atin 'ammaaa ardho'at wa tadho'u kullu zaati hamlin hamlahaa wa taron-naasa sukaaroo wa maa hum bisukaaroo wa laakinna 'azaaballohi syadiid

"(Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (guncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras."

Dari ayat ini kita bisa mengambil hikmah bahwa sebagian manusia baru akan sadar manakala diingatkan kepada suatu konsekuensi besar bila ia melalaikan peringatan tersebut. Hal seperti ini bahkan perlu diulang-ulang agar perilaku manusia bisa terjaga dari kesalahan dan ia bisa bersikap hati-hati.

Kematian dan hari kiamat adalah dua hal yang bisa menjadi nasehat kepada manusia. Namun, nasehat tentang kedua hal ini hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang mengimaninya.

Wallahu a'lam.

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image