Pucat Pasi di Tobelo

News  
Masjid di Tobelo yang dulu menjadi tempat pengungsian kaum Muslim.

Taufiqurrahman, nama dai muda itu. Ia asli Madura. Tahun 2011, ia mendapat tugas berdakwah dan merintis pendirian Pesantren Hidayatullah di Desa Togoliua, Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Sebelumnya Taufik --sapaan akrab dai muda tersebut-- belum kenal Tobelo. Ia tak tahu kalau di daerah tersebut pernah terjadi konflik berdarah antara pemeluk Islam dan non-Islam. Ia juga tak paham mengapa dai-dai Hidayatullah sebelumnya tak betah lama-lama bertugas di daerah itu.

Hingga suatu hari, setelah tiga bulan bertugas di Tobelo, seseorang memperlihatkan kepadanya sebuah video tentang kerusuhan di Tobelo. Video tersebut berisi kisah pengepungan sebuah masjid yang letaknya tak jauh dari Pesantren Hidayatullah yang ia rintis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Taufik ingat, beberapa tahun sebelumnya, saat masih kuliah di Surabaya, Jawa Timur, ia pernah menonton video tersebut secara sembunyi-sembunyi. Ia menontonnya di rumah tentara. Adik tentara itu teman baik Taufik.

Taufik juga ingat bahwa sampul video itu bertuliskan "Rahasia". Di dalamnya ada kengerian luar biasa. Sebanyak 300 pengungsi, yang kebanyakan anak-anak dan orang tua, dihabisi oleh mereka yang tak punya hati nurani.

Setengah tak percaya, Taufiq kembali bertanya kepada orang yang membawa video ini. Apakah benar kerusuhan yang digambarkan di video tersebut terjadi di tempat ia berdiri sekarang? Apakah benar masjid yang ada dalam video ini adalah masjid yang letaknya tak jauh dari Pesantren Hidayatullah?

Setelah orang yang membawa video tersebut mengangguk, wajah Taufiq langsung pucat pasi. Bulu kuduknya berdiri. Tubuhnya lemas. "Ya Allah, ternyata saya ditugaskan di tempat yang dulu saya tak sanggup melihatnya. Ya Allah, saya ingin pulang!"

Berita Terkait

Image

Kisah Penugasan Dai ke Taliabo

Image

Dirjenpas Kemenkumham Gandeng IMS Dirikan Ponpes Pertama di Lapas Nusakambangan

Image

PosDai Hidayatullah Berencana Bangun Kampung Mualaf Untuk Suku Togutil

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Mari Mengenal Keong

Pucat Pasi di Tobelo

Berita Tentang Anak dan Etika yang Dilanggar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image