Benarkah Sabar Itu Ada Batasnya?

Tips  
Banyak yang bilang, sabar itu ada batasnya, sehingga teman yang diajak bicara pun memaklumi jika ia melakukan sesuatu di luar batas. Padahal ini keliru.

Kita pasti sering mendengar kalimat pada judul di atas. Bahkan lisan kita pun barangkali pernah mengatakannya. Kalimat ini biasanya keluar dari mulut seseorang yang ditimpa persoalan berat dan hampir-hampir menyerah.

Sadarkah kita bahwa sebetulnya kalimat tersebut keliru? Orang yang mengucapkan kalimat tersebut secara sadar berarti ia belum paham tentang dimensi sabar.

Pada hakikatnya sabar itu berada dalam tiga keadaan. Pertama, sabar dalam melakukan kebaikan dan ketaatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sabar jenis ini merupakan perkara yang sulit. Betapa tidak, dalam hal ketaatan pun kita harus tetap bersabar. Padahal seringkali kita dihinggapi rasa malas untuk tetap taat menjalankan perintah Allah Ta'ala. Kadang pula muncul godaan dan gangguan agar kita tidak taat.

BACA JUGA: Ayah Dekatkah Engkau dengan Anakmu?

Andai sabar itu ada batasnya maka tidak akan ada manusia yang selalu teguh dalam meniti jalan ketaatan kepada Allah Ta'ala. Bayangkan jika ketaatan itu ada batasnya, maka Islam menjadi cacat karena tak akan ada manusia yang sanggup menjalaninya secara baik.

Kedua, sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Kita perlu sabar jenis ini agar tetap teguh dan berdiri kokoh dalam menjalankan ketaataan sehingga tidak akan mudah terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan.

Ketiga, sabar dalam menerima takdir dan ketetapan yang telah Allah Ta'ala berikan. Nah, hal yang satu inilah yang sering kali dipungkiri oleh sebagian orang. Kebanyakan dari kita ketika tertimpa musibah akan mengeluh dan mulai menyalahkan takdir yang Allah Ta'ala berikan. Padahal dengan kita bersabar atas ujian yang Allah berikan maka Allah akan memberikan ganjaran sebagaimana kesabaran yang kita lakukan.

Jadi, sabar itu tak ada batasnya. Wallahu A'lam.

Penulis: Mega Octavia | mahasiswa STID M Natsir di Jakarta

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image