Tak Ada Kata Terlambat Untuk Bertaubat

Hikmah  
Berdoa, meminta ampun kepada Allah, dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa.

Sering kita mendengar orang mengatakan bahwa manusia tidak akan luput dari kesalahan dan dosa. Ya, kalimat itu tidak salah.

Rasulullah s.a.w. menjelaskan dalam hadits, "Setiap anak Adam pernah berbuat salah, dan sebaik-baik mereka yang berbuat salah adalah yang bertaubat dari kesalahannya," (Riwayat Tirmidzi no. 2499, Hasan).

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa pada dasarnya manusia ialah makhluk tempatnya salah. Manusia sering kali terjerumus dalam dosa. Namun, sebaik-baik manusia ialah yang bertaubat setelah melakukan kesalahan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Tawakal Tak Boleh Lepas dari Ikhtiar

Sebagai seorang hamba yang taat, kita harus meyakini bahwa Allah Ta'ala mempunyai sifat Maha Pengampun. Sebesar apapun dosa seseorang, selama belum masa ajal mendatanginya, maka Allah Ta'ala akan mengampuni dosa-dosanya.

Akan tetapi, jika manusia sudah berada di alam kubur, semua kesahan yang pernah ia perbuat di dunia hanya bisa disesali, tak bisa dihapus lagi.

Dalam hadits yang lain dikatakan juga bahwa Allah Ta'ala akan mengampuni dosa seseorang dalam tiga keadaan. Yaitu, keadaan ia lupa, keliru, dan terpaksa.

BACA JUGA: Rezeki Sudah Tertakar, Tak Mungkin Tertukar

Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah s.a.w. bersabda, "Sesungguhnya Allah akan mengampuni (beberapa kesalahan) umatku dikarenakan ia keliru, lupa, dan karena dipaksa," (Riwayat Ibnu Majah, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi).

Hadits di atas jelas menunjukan bahwa sifat kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba-Nya sangat luas. Meskipun dalam keadaan berbuat dosa pun, Allah Ta'ala secara otomatis akan mengampuni hamba-Nya asalkan kesalahan itu dilakukan dalam keadaan lupa, keliru, dan terpaksa.

Semoga Allah memberikan hidayah dan taufiq-Nya kepada kita semua. Aamiin

Penulis: Nesi Hartati | mahasiswi STID M Natsir, Jakarta

Berita Terkait

Image

Lima Kemudahan Sebagai Ciri Taubat Diterima

Image

Jangan Hina Pendosa, Belum Tentu KIta Lebih Baik Darinya

Image

Hubungan Penuntut Ilmu dengan Tazkiyatun Nafs

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image