Rezeki Sudah Tertakar, Tak Akan Tertukar

Hikmah  
Koin emas (Sumber: blogspot)

Betapa banyak manusia yang merasa cemas atas rezeki yang akan ia peroleh. Padahal, rezeki setiap manusia telah Allah Ta'ala takar dan tidak akan tertukar.

Mengapa rezeki begitu berarti bagi manusia? Karena rezeki menjadi penunjang bagi manusia untuk melangsungkan kehidupan dengan baik. Manusia percaya, rezeki yang banyak akan membahagiakan mereka. Rezeki seolah bisa memastikan bahwa kehidupannya akan baik-baik saja.

Padahal, Allah Ta'ala telah berjanji untuk menjamin rezeki setiap makhluk di muka bumi. Allah Ta'ala berfirman, "Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Al-Ankabut [29]: 60)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Makna Luar Biasa di balik Kata Syukur

Dari ayat di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa Allah lah yang mengurus dan mengatur rezeki setiap hamba-Nya. Jika bayi yang tidak memiliki daya untuk berusaha saja sudah Allah tetapkan rezkenya, apalagi kita yang sudah dewasa dan sudah sempurna akalnya.

Kita bisa berikhtiar di mana saja kita mau. Jika kita berikhtiar dengan cara yang halal dan benar pasti Allah Ta'ala akan membantu dan memudahkan kita dalam mengais rezeki.

Maka, jangan pernah merasa cemas dan khawatir akan rezeki. Yang harus kita lakukan hanyalah berusaha dan berdoa.

Wallahu a'lam.

Penulis: Hielwa Hidayatul Fadhila | mahasiswi STID M Natsir, Jakarta

Berita Terkait

Image

Makna Luar Biasa di Balik Kata Syukur

Image

Matematika Allah

Image

Doa Berbuka Puasa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image