Ketika Waktu Puasa Arafah Berbeda, Kita Memilih yang Mana?

Ulasan  
Jamaah haji saat wukuf di Arafah (foto Antara)

Iduladha di Indonesia tahun 2022 ini terjadi perbedaan waktu. Sebagian kaum Muslim memilih iduladha pada hari Sabtu (9/7), sedang sebagian yang lain pada hari Ahad (10/7).

Perbedaan ini menyebabkan berbeda pula hari berpuasa Arafah. Ada yang hari Jumat, ada pula yang hari Sabtu. Perbedaan waktu puasa Arafah ini menyebabkan kaum Muslim harus memilih salah satu.

Lantas bagaimana sebaiknya? Yang mana yang harus dipilih? Apakah kaum Muslim di Indonesia sebaiknya mengikuti rukyat negeri kita sendiri, atau berpuasa mengikuti rukyat di haramain (dua tanah suci)?”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Kurban Seekor Kambing Bisa Untuk Satu Keluarga

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah ditanya soal ini. Menurut beliau, munculnya perbedaan ini dikarenakan adanya perbedaan di kalangan ahli ilmu dalam menyikapi apakah hilal cukup untuk seluruh dunia atau berbeda sesuai perbedaan munculnya hilal di berbagai negara.

Namun yang benar, menurut Syekh Ibnu Utsaimin, hilal berbeda sesuai perbedaan munculnya hilal di berbagai negara. Karena itu, ada kemungkinan hari Arafah di Makkah justru hari Raya Iduladha di tempat lain sehingga tak boleh bagi mereka berpuasa. Begitu juga sebaliknya.

Hal ini, menurut Syekh Ibnu Utsaimin, didasarkan atas sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, "Berpuasalah (kalian) karena melihatnya, dan berbukalah (kalian) karena melihatnya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Kunci Menghadapi Segala Bentuk Cobaan Adalah Sabar

Jadi, bagi mereka yang tidak tampak hilal di negerinya, maka mereka tidak dipandang melihatnya. Hal ini sebagaimana manusia sepakat terkait terbit fajar dan tenggelamnya matahari bahwa masing-masing negara berbeda-beda. Demikian pula penanggalan bulan juga berbeda-beda sebagaimana waktu harian.

Wallahu a'lam. ***

Penulis: Mahladi Murni

Berita Terkait

Image

Jangan Mengintai Jika Belum Siap Menikah

Image

Wahai Wanita, Hindari Mengoleksi Pakaian Jika Tak Ada Kebutuhan

Image

Haji Itu Mengajarkan Taat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kisah Penugasan Dai ke Taliabo

Teluk Palu yang Pendiam

Korupsi Mengundang Azab Allah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image