17 Keajaiban Ramadhan

Tips  
Sambut Ramadhan dengan suka cita (foto ilustrasi, pixabay)

Tak lama lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Ada banyak keajaiban bulan yang penuh mulia ini, baik berupa fakta sejarah, maupun fakta keimanan. Berikut ini 17 keajaiban bulan Ramadhan di antara banyak keajaiban tersebut:

1. Jalan menuju takwa

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertakwa,” (al-Baqarah [2]: 183).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Menumbuhkan sifat amanah

Wahbah Zuhaili dalam bukunya al Fiqh al-Islami berpendapat, puasa menumbuhkan sifat amanah dan muraqabah di hadapan Allah Ta’ala, baik dengan amalan yang tampak, maupun yang tersembunyi.

BACA JUGA: Ingin Selamat, Waspadai Tujuh Pintu Ini.

Sebab, katanya, selama berpuasa tidak ada yang tahu seseorang melakukan hal-hal yang dilarang, kecuali Allah Ta’ala

3. Melatih kedisiplinan

Wahbah Zuhaili juga menjelaskan bahwa seseorang yang berpuasa harus makan dan minum dalam waktu yang terbatas. Bahkan, dalam berbuka pun harus disegerakan. Ini akan melatih kedisiplinan.

4. Menumbuhkan solidaritas

Pada bulan Ramadhan, kata Wahbah Zuhali, semua kaum Muslim, dari timur hingga barat, wajib menjalankan puasa. Mereka berpuasa dalam keadaan yang sama dikarenakan mereka memiliki Rabb yang satu. Ini akan menumbuhkan sikap solidaritas.

Mereka juga ikut merasakan kesengsaraan saudara-saudaranya yang kekurangan sehingga tumbuh perasaan kasih sayang terhadap sesama.

5. Melatih kesabaran

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda, “Bila seseorang menghina atau mencaci (orang yang berpuasa) hendaknya ia berkata 'Sesungguhnya aku sedang puasa’." (Riwayat Bukhari)

6. Menyehatkan

Rasulullah SAW bersabda, ”Berpuasalah, maka kamu akan sehat,” (Riwayat Ibnu Sunni). Ada yang menyatakan bahwa Hadits ini dhoif, namun ada pula yang menyatakan hasan.

BACA JUGA: Cinta Terindah, Cinta Kepada Allah

7. Bulan ampunan

Rasulullah SAW bersabda, “Dan siapa yang berpuasa (di bulan) Ramadhan dengan didasari keimanan dan berharap ridha Allah maka akan diampunkan untuknya dosa yang telah lalu.” (Riwayat Bukhari)

8. Surga berbenah diri

Rasulullah SAW bersabda, ” Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan surga-Nya, Dia berfirman, ‘Bersiap-siaplah dan hiasilah dirimu untuk para hamba-Ku, sehingga mereka bisa segera beristirahat dari kelelahan (hidup di) dunia menuju negeri-Ku dan kemuliaan-Ku ” (Riwayat Baihaqi).

9. Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu

Rasulullah SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, dibukalah pintu surga dan ditutuplah pintu neraka serta setan-setan dibelenggu,” (Riwayat Bukhari).

10. Pahala berlipat ganda

Dari Salman, bahwasannya Rasulullah SAW berkhutbah di hari terakhir bulan Sya’ban. ”... Barang siapa mendekatkan diri di dalamnya (Ramadhan) dengan berbuat kebajikan, maka ia seperti mengerjakan kewajiban selainnya, dan barang siapa mengerjakan kewajiban di dalamnya, maka ia seperti mengerjakan tujuh puluh kewajiban selainnya ” (Riwayat Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya)

11. Seluruh hari dalam Ramadhan memiliki keutamaan

Rasulullah SAW bersabda, “ Dia adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, serta paripurnanya adalah pembebasan dari neraka ” (Riwayat Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya)

12. Siapa memberi minum orang berpuasa, Allah memberinya minum di Akhirat

Rasulullah SAW bersabda, “Dan barang siapa memberi minum orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya dari telaga minuman yang tidak menghauskan hingga ia masuk ke dalam surga.” (Riwayat Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya).

BACA JUGA: Percayalah, Sedekahmu Amat Bermanfaat Buatmu di Akhirat

13. Sedekah terbaik di Bulan Ramadhan

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sedekah yaitu sedekah di bulan Ramadhan.” (Riwayat Tirmidzi)

14. Doa akan mudah dikabulkan

Rasulullah SAW bersabda, ”Tiga yang tidak tertolak doanya, orang yang berpuasa hingga berbuka, imam yang adil, dan doa orang yang terzalimi,” (Riwayat Tirmidzi)

15. Pahala umrah sama dengan haji

Rasulullah SAW bersabda kepada seorang wanita Anshar, ”Jika datang Ramadhan maka lakukanlah umrah, karena susungguhnya umrah dalam bulan itu setaraf dengan haji.” (Riwayat An Nasa’i).

16. Pahala i’tikaf sama dengan pahala dua haji dan umrah

Rasulullah SAW bersabda, ”Barang siapa menjalankan i’tikaf selama sepuluh hari di bulan Ramadhan, maka amalan itu seperti dua haji dan umrah,” (Riwayat Baihaqi)

17. Turunnya al-Qur`an dan kitab suci lainnya

Allah Ta’ala berfirman, “Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya al-Qur`an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara haq dan batil,” (Al Baqarah [2]: 185).

Dalam sebuah Hadits, Rasulullah SAW bersabda, ”Shuhuf Ibrahim turun pada awal malam pertama bulan Ramadhan, Taurat turun pada hari ke enam bulan Ramadhan, dan Injil pada hari ke tiga belas dari Ramadhan ” (Riwayat Ahmad).

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image