Dewan Dakwah Akan Gelar Rakornas di Padang

News  
Logo Dewan Da'wah

Jika tak ada halangan, Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) atau biasa disingkat Dewan Dakwah berencana menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) selama tiga hari, yakni antara tanggal 24 hingga 26 Februari 2022, di Kota Bukit Tinggi, Padang, Sumatera Barat.

Menurut informasi yang dibagikan panitia Rakornas Dewan Dakwah pada Ahad, 13 Februari 2022, rapat akbar tersebut mengusung tema “Membangun Kemandirian Umat Menuju Indonesia yang Diridhai Allah“. Tema ini, menurut informasi tersebut, ditujukan untuk mengokohkan Dewan Dakwah sebagai pengawal akidah, penegak syariah, perekat umat, penjaga NKRI, dan pegiat solidaritas dunia Islam.

Pada Senin, 4 Februari 2022, Pimpinan Pusat Dewan Dakwah beraudiensi secara virtual dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Hadir dalam audiensi tersebut Ketua Pembina Dewan Dakwah Prof KH Didin Hafidhuddin, dan Ketuam Umum Dewan Dakwah, Dr Adian Husaini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wapres saat menerima audiensi menyambut baik rencana Rakornas tersebut dan akan menyampaikan tausiyah secara daring. Rakornas rencananya dihadiri seluruh pimpinan DDII tingkat provinsi. Agendanya antara lain koordinasi program-program kerja secara nasional dan pembekalan para dai tentang masalah-masalah keumatan dan kebangsaan.

Sebelumnya, untuk menyukseskan rapat nasional ini, Dewan Dakwah telah membuka program donasi bertajuk Semarak atau Sedekah Amal untuk Rakornas. Ketua Umum Dewan Dakwah, Dr. Adian Husaini, saat pidato akhir tahun 2021, Selasa (28/12/2021), menyatakan bahwa program ini memiliki peranan strategis untuk mendukung aktivitas dakwah para dai dan ulama di tengah masyarkaat.

"Saya meminta dukungan agar dakwah ini tetap ada, supaya kita tidak menjadi hina karena telah meninggalkan dakwah,” kata Adian kala itu.

Rakornas kali ini bertepatan pula dengan milad Dewan Dakwah ke 55 pada 26 Februari 2022 mendatang.

Meninggal Dunia

Sementara itu, beberapa hari menjelang Rakornas, Dewan Dakwah mendapat kabar duka. Mantan Ketua Umum Dewan Dakwah periode 2007-2015, KH Syuhada Bahri meninggal dunia. Beliau meninggal pada hari Jumat, 18 Februari 2022, sebelum datang waktu subuh.

Jenazah dishalatkan di Masjid al-Furqon, Jl Kramat Raya 45, Jakarta Pusat, seusai shalat Jumat, kemudian akan dimakamkan di TPU Pedurenan, Bekasi Timur. ***

Penulis: Ibnu M Hawab

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image