Doa Untuk Orang yang Sakit

Tips  
Wabah covid varian omicron kembali menyerang. Bacakanlah doa untuk mereka yang diuji dengan sakit.

Saat wabah datang, kita akan sering menerima kabar adanya teman, saudara, rekan kerja, sahabat, yang sakit. Terlebih saat ini, ketika covid-19 varian omicron mewabah, berita-berita tentang orang-orang sakit banyak berdatangan.

Lalu apa doa yang baik yang kita sampaikan kepada mereka? Rasulullah SAW memberikan beberapa doa yang bagus untuk disampaikan kepada si sakit. Berikut adalah dua doa yang biasa dilafadzkan Rasulullah SAW.

Doa pertama:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Allaahumma robban-naas, mudz-hibal baas, isyfi, antasy-syaafii, laa syaafiya illaa anta, syifaa-an laa yughoodiru saqoman.

Artinya: Ya Allah, Rab seluruh manusia, yang menghilangkan kesusahan, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada yang menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain (Riwayat Bukhari).

Tentang doa pertama ini dikisahkan bahwa pada suatu ketika ‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.”

Anas berkata kepada Tsabit, "Maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah SAW?”

Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan doa di atas.

Doa kedua:

Laa ba'sa, thohuurun in syaa-allaah.

Artinya: Tidak apa-apa (jangan terlalu bersedih dengan sakit ini). Insya Allah (penyakit ini akan) menjadi pembersih dosa. (Riwayat Bukhari)

Tentang doa ini, Ibnu Abbas Ra menceritakan bahwa Nabi SAW suatu ketika menjenguk orang badui yang sedang sakit. Lalu, Rasulullah SAW mengucapkan doa di atas. Memang, jelas Ibnu Abbas Ra sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW memiliki kebiasaan membacakan doa ini ketika menjenguk orang sakit.

Hanya saja, sedapat mungkin kita menjenguk orang yang sakit tersebut karena banyak sekali keutamaannya.

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya yang muslim, maka seakan-akan dia berjalan di kebun Surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila berkunjung di pagi hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya, agar mendapat rahmat hingga sore. Apabila berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi." (Riwayat at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Namun, seringkali kita tak memiliki kesempatan untuk menjenguknya, terutama saat wabah menular seperti sekarang ini. Maka, kuatkan hatinya dengan mengirimkan doa di atas kepadanya lewat media-media komunikasi.

Wallahu a'lam.

Penulis: Ibnu M Hawab

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image