Inilah Doa Memohon Ilmu yang Berkah

Tips  
Santri pesantren Hidayatullah, Depok, Jawa Barat, tengah menuntut ilmu.

Menuntut ilmu amat penting bagi manusia. Bahkan, wahyu pertama yang diturunkan Allah Ta'ala kepada manusia adalah iqro'. Artinya, bacalah!

Dalam al-Qur'an ada banyak seruan Allah Ta'ala agar manusia menuntut ilmu. Bahkan, Allah Ta'ala telah memerintahkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam agar meminta tambahan ilmu dengan bedoa, sebagaimana disebutkan dalam surat Thaha [20] ayat 114:

Robbi zidnii 'ilman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wahai Rabb-ku, tambahkanlah ilmu kepadaku.

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata, sebagaimana dikutip dalam Fathul Baari (1/187), "Ayat ini adalah dalil yang tegas tentang keutamaan ilmu. Sebab tidaklah Allah Ta'ala pernah memerintahkan Nabi-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk meminta tambahan terhadap sesuatu, selain ilmu."

Selain itu, Rasulullah s.a.w, mengajarkan kepada kita sebuah doa agar Allah Ta'ala senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat. Lafadz doanya, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Majah (nomor 251 dan 3833) dan dishahihkan oleh al-Albani, adalah sebagai berikut:

Allaahumman-fa'nii bimaa 'allamtanii, wa 'allimnii maa yanfa'unii, wa zidnii 'ilman.

Ya Allah, berilah aku manfaat dengan apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku apa yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah ilmu kepadaku.

Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan. ***.

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image