STIQ ZAD Gelar Seminar Internasional Bertajuk Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Quran

News  
Kampus STID ZAD, tempat dilaksanakannya Seminar Internasional bertajuk Peran Ulama Indonesia Dalam Studi Al-Qur’an dan Tafsir.

CIANJUR --- Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) ZAD Cianjur akan menggelar Seminar Internasional bertajuk "The Role of Indonesian Ulema in the Study of the Quran and Tafseer". Yang akan dilaksanakan 29 Juli 2023 di Auditorium STIQ ZAD, Cianjur, Jawa Barat.

Adha Saputra, Lc., M.E selaku Ketua STIQ ZAD Cianjur mengatakan tujuan seminar Internasional ini diadakan adalah untuk membuka wawasan pengetahuan peserta seminar seputar Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur'an dan tafsir dari berbagai bidang dan men-tadabburi-nya.

“Seminar Internasional ini kami selenggarakan sebagai upaya membuka wawasan pengetahuan para peserta seputar Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur’an dari berbagai bidang seperti Qiro’at, Tafsir, Tajwid, Tafsir Mukhtasar, manuskrip, dan yang lainnya” tuturnya, sebagaimana tertulis dalam rilis yang diterima redaksi Tadabbur Republika, Jumat (28/7).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Panitia Seminar Tatang Hidayat mengundang para peneliti, akademisi, & mahasiswa untuk berbagi sudut pandang dan pengalaman mereka melalui artikel hasil penelitian dan presentasi lisan yang berkaitan dengan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir.

“Kami mengundang para peneliti, akademisi & mahasiswa untuk berbagi sudut pandang dan pengalaman melalui artikel hasil penelitian dan presentasi lisan bertajuk Peran Ulama Indonesia dalam Studi Al-Qur’an. Kami ingin mengenalkan kepada dunia karya-karya ulama Indonesia di bidang Studi Al-Qur’an” ungkapnya.

Panitia seminar telah menerima puluhan artikel dari dalam dan luar negeri yang akan dibahas pada seminar tersebut. Artikel-artikel yang terpilih akan dipublikasikan dalam ZAD Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur’an & Tafsir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran ZAD yang sudah terakreditasi SINTA 4 dan terindeks bereputasi serta naskah lainnya akan diterbitkan dalam bentuk prosiding online.

Rencananya seminar ini akan dibuka oleh Prof. Dr. Abdussalam Al-Majidy, Lc., M.A. dari Qatar University sebagai pembicara kunci (Keynote Speaker). Pembicara internasional dan nasional yang akan hadir antara lain: Prof. Dr. Mohammad Lamatt Achinqity dari Mauritania, Dr. Nabil Ahmed Tarmom, Lc., M.A. dari Mesir, Dr. Saeed Abdullah Al-Katiry, Lc., M.A. dari Yaman, Dr. Ammar Al-Gumaei, Lc., M.A., dari Saudi, Dr. Abdulkhaleq Al-Maswary, Lc., M.A., dari Sudan, Dr. (C) Adha Saputra, Lc., M.E dan Dr. Lira Erlina, Lc., M. Pd dari Indonesia.

STIQ ZAD menyelenggarakan seminar ini mengundang berbagai tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, & tokoh-tokoh mahasiswa lintas kampus. Rencananya panitia juga mengundang Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Ketua MUI Kabupaten Cianjur, Para Pimpinan Perguruan Tinggi & Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa di Wilayah Kopertais Wilayah II Jawa Barat.

Dalam seminar parallel akan dipresentasikan hasil penelitian dari para akademisi yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Indraprasta PGRI, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, IAIN Langsa, UIN Raden Mas Said Surakarta, STIBA Ar Raayah Sukabumi, STDI Imam Syafi’i Jember, Universitas Darussalam Gontor, Universitas PTIQ Jakarta, UIN Syarif Kasim Riau, Universitas Pelita Bangsa dan para mahasiswa tingkat akhir dari STIQ ZAD Cianjur

“Selain seminar utama akan dilaksanakan juga seminar parallel yang akan mempresentasikan hasil penelitian dari para akademisi berbagai kampus” pungkas Tatang Hidayat. ***

Penulis: Ibnu M Hawab |

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image