Rakerwil Hidayatullah Bengkulu, Jalankan Program Lewat 4 Kekuatan

News  
Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah Ust. Asih Subagyo, M.Kom, saat memberikan sambutan.

REJANG LEBONG --- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Bengkulu baru saja menyelesaikan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang dilaksanakan di Kampus Madya Curup, Kabupaten Rejang Lebong, 20-21 Jumadil Akhir 1444 H (13-14/1/2023).

Pelaksanaan Rakerwil kali ini diikuti oleh Pengurus DPW, Pengurus DPD, Pengurus Organisasi Pendukung; Pemuda Hidayatullah dan Muslimat Hidayatullah, serta amal usaha tingkat wilayah yaitu kampus madya, BMH, dan Posdai.

Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi (Kabid PPO) DPP Hidayatullah Ust. Asih Subagyo, M.Kom, dalam sambutan pembukaan membacakan pidato Ketua Umum, menekankan pentingnya membangun 4 kekuatan dalam merealisasikan setiap program kerja yang akan disusun dan dirumuskan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Tentu saja berawal dan berdasarkan hasil asesmen DPW yang dilakukan oleh DPP, di mana DPW Hidayatullah, mendapatkan katagori sebagai DPW berkembang, dan secara nasional mendapatkan peringkat ke-11,” katanya lewat rilis yang diterima redaksi Tadabbur, Selasa, (17/1).

Adapun keempat kekuatan dimaksud adalah quwwah ruhiyah (kekuatan ruhiyah), quwwah aqliyah (kekuatan akal), quwwah maddiyah (kekuatan material) dan quwwah idariah (kekuatan manajerial).

Selanjutnya, ia menyampaikan 5 alat ukur untuk memonitor bagaimana organisasi ini berjalan dengan maksimal.

Kelima indikator dan alat ukur tersebut adalah, Pertama, kebijakan dari pusat harus sampai dan dipahami hingga ke paling bawah. Kedua, struktur disemua tingkatan berjalan dengan efektif, dimana rapat koordinasi dan koordinasi berjalan secara rutin.

Kemudian, indikator Ketiga, pembinaan secara kultural sebagai transformasi nilai (manhaj), berjalan dengan tertib dan baik berupa halaqah, kajian, dan lainnya.

Keempat, struktur demografis penggerak organisasi (pengurus dan anggota), komposisinya diisi oleh kaum muda. Dan, Kelima, kemandirian pembiayaan organisasi, berasal dari iuran anggota, amal usaha dan badan usaha internal.

Pada kesempatan Rakerwil ini, ia juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Rakerwil Hidayatullah Bengkulu yang berhasil dengan baik.

Suasana Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Bengkulu.

Rakerwil DPW Hidayatullah Bengkulu juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pertimbangan Ust. H. Hamim Thohari, M.Si, yang memberikan kajian penguatan kelembagaan di Kampus Madya Hidayatullah Bengkulu dan di arena Rakerwil.

Di kedua tempat tersebut, beliau menyampaikan pentingnya ikhlas dalam berjuang dan beramal. Sebab tanpa dibarengi keikhlasan, maka seluruh amal perbuatan kita akan lenyap tak berbekas. “Apalagi jika merasa dirinya yang paling penting dan berjasa disetiap amal dan aktifitas yang dilakukan,” katanya berpesan.

Berita Terkait

Image

DPP Hidayatullah Sampaikan Selamat Atas 1 Abad Usia NU

Image

Rapat Koordinasi Nasional Dewan Murabbi Hidayatullah Hari Ini Dibuka

Image

Hidayatullah Jambi Gelar Tabligh Akbar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image