Mari Jelajahi Portugal, Negara Para Pelaut Handal

Lingkungan  
Ronaldo, salah seorang pemain top dunia asal Portugal (Foto: EPA-EFE)

Portugal dikenal sebagai negara dengan sejumlah pemain sepakbola terkenal dunia. Sebutlah, misalnya, Bruno Fernandes yang bermain untuk klub Manchester United, Cristiano Ronaldo yang bermain untuk klub Manchester United, Diogo Jota yang bermain untuk Liverpool, Joao Cancelo yang bermain untuk Manchester City, atau Bernardo Silva yang bermain untuk Manchester City.

Tak heran bila Portugal bisa lolos dalam 8 kali piala dunia dengan hasil terbaik mampu menjadi juara ketiga pada tahun 1966. Mereka juga bisa menjadi juara pada Kejuaraan Eropa UEFA pada tahun 2016.

Namun, Portugal tak sekadar mashur dengan pemain sepakbolanya. Negara tersebut juga dikenal sebagai negara dengan para pelaut yang handal. Sebutlah nama Vasco da Gama, penjelajah dunia yang berlayar dari Eropa hingga India dan Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Nama pelaut mashur lainnya adalah Henry the Navigator. Ia banyak mengatur perjalanan dari Portugal ke wilayah-wilayah yang baru ditemukan oleh negara tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Kisah Dai di Pulau Rupat

Selain itu, Portugal juga dikenal sebagai negara dengan panorama alam yang mempesona. Mereka memiliki banyak situs bersejarah serta panorama pantai yang menakjubkan. Tak heran bila Portugal menjadi salah satu dari 20 negara paling banyak dikunjungi di dunia. Lebih dari 13 juta wisatawan berkunjung ke negara itu setiap tahunnya.

Portugal juga kaya akan anggur. Di negara itu banyak sekali dijumpai pohon-pohon anggur kualitas baik. Tak hanya kaya dengan buah anggur, Portugal juga kaya dengan pohon-pohon gabus. Lebih dari setengah gabus dunia diproduksi di negara tersebut.

Satu hal yang tak boleh dilupakan, Portugal menjadi negara penghasil ikan dan kerang terbanyak di dunia. Tak heran jika masyarakat Portugal makan lebih banyak ikan dan kerang daripada penduduk di negara lain di dunia.

Hanya saja, Portugal adalah negara dengan jumlah Muslim sangat minoritas. Dari Institut Statistik Nasional Portugal pada tahun 1991 menyebutkan jumlah Muslim di negara itu hanya 0,1 persen atau 9.134 orang. Pada tahun 2019 diperkirakan jumlah Muslim hanya 65 ribu orang saja, atau 0,6 persen. Padahal, pada abad ke-8 dahulu kala, Islam menguasai sebagian besar wilayah Portugal dan Spanyol.

BACA JUGA: Melihat dari Dekat Si Manohara dari Cibuntu

Nah, apakah Anda berminat mengunjungi Portugal? Jelajahilah dunia dan saksikanlah segala fenomena yang terjadi di muka bumi untuk menambah keyakinan kita kepada kebesaran Allah Ta'ala.

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Mari Mengenal Keong

Pucat Pasi di Tobelo

Berita Tentang Anak dan Etika yang Dilanggar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image