Di Dalam Al-Qur'an Terdapat Solusi Semua Permasalahan

News  
Prof Dr KH Said Agil Husen al Munawar

Al-Qur'an, menurut Prof Dr KH Said Agil Husen al Munawar, bukan sembarang kitab. Kitab ini punya keistimewaan yang tak dimiliki oleh kitab-kitab lainnya, termasuk kitab kumpulan wahyu Allah Ta'ala yang diturunkan kepada para Nabi sebelumnya.

Hal ini disampaikan Said Agil dalam pembukaan acara Halal Bi Halal dan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) Majelis Ulama Indonesia, Kamis (2/6/2022).

Di dalam al-Qur'an, jelas Said Agil, terdapat solusi semua permasalahan yang dihadapi manusia. Ini sesuai dengan firman Allah Ta'ala dalam al-Qur'an surat al-An'am [6] ayat 38. "Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Saatnya Berhenti Merokok

Namun, kata mantan meneteri Agama RI (2001-2004) ini lagi, al-Qur'an tidak merinci semua persoalan tersebut, juga tidak merinci semua solusinya. "Al-Qur'an hanya memberikan isyarat-isyarat saja," kata Siad Agil dalam acara yang digelar lewat zoom itu. Adapun otoritas yang merinci diserahkan kepada Rasulullah SAW lewat hadits-hadits yang jumlahnya banyak sekali.

Ini dijelaskan juga oleh Allah Ta'ala dalam al-Qur'an surat An-Nahl [16] ayat 44, "(Mereka Kami utus) dengan membawa keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan Ad-Zikr (Al-Qur'an) kepadamu, agar engkau menerangkan kepada manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan agar mereka memikirkan."

Selanjutnya, mengingat isi al-Qur'an begitu luas, sebagaimana disebutkan dalam surat al-Kahfi ayat 109, maka manusia perlu seperangkat ilmu agar bisa menangkap isyarat-isyarat al-Qur'an. Perangkat ilmu tersebut tak cuma satu cabang, tapi banyak. Karena itulah ia dinamakan ulumul Qur'an. Ada ulama yang menyebut jumlah cabang ulumul Qur'an mencapai 80, ada juga yang 100.

BACA JUGA: Jangan Merasa Aneh Bila Dunia Tak Sempurna

Selain itu, untuk memahami penjelasan Hadits tentang hal-hal yang diungkapkan dalam al-Qur'an, kita perlu ilmu Hadits. Ini semua, kata Said Agil, diperlukan untuk membuat literasi tentang al-Qur'an. ***

Penulis: Mahladi Murni

Berita Terkait

Image

Berita Tentang Anak dan Etika yang Dilanggar

Image

LPBKI MUI Gelar Peringatan Hari Santri dan Sumpah Pemuda

Image

LDK MUI Gelar FGD Tentang Metode Pemurtadan Baru

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Mari Mengenal Keong

Pucat Pasi di Tobelo

Berita Tentang Anak dan Etika yang Dilanggar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image