2022 Sudah Usai, Mari Kita Muhasabah Diri

Hikmah  
Berzikir dan berdoa penting diperbanyak di tahun 2023 mendatang.

Waktu terus bergulir. Kini kita berada di penghujung tahun 2022 dan sebentar lagi kita memasuki tahun baru. Sebuah momentum baik untuk melakukan muhasabah.

Secara bahasa muhasabah bermakna introspeksi diri. Muhasabah bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah (habluminallah), hubungan kepada sesama manusia (habluminannas), dan hubungan dengan diri sendiri (habluminannafsi).

Pentingnya introspeksi diri dapat dicermati dari firman Allah dalam Surat Al-Hasyr ayat 18. "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Sabar Menjawab Ujian-ujian Kehidupan

Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana diriwayatkan Syadad bin Aus, "Orang yang cerdas (sukses) adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri, serta beramal untuk kehidupan sesudah kematiannya. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT."

Umar bin Khattab mengatakan, “Hasibu anfusakum qobla antuhasabu.“ Evaluasilah (hisablah) dirimu sendiri sebelum kalian dihisab (di hadapan Allah kelak)”.

Ibnul Qayyim rahimahullah sebagaimana tertulis dalam buku “Jalan Menggapai Ridho Ilahi” karya Abdul Aziz dkk membagi muhasabah menjadi dua macam, yaitu sebelum dan sesudah melakukan amalan atau perbuatan.

Sebelum melakukan amalan hendaknya kita berpikir sejenak. Jangan langsung mengerjakan sampai nyata baginya akan adanya kemaslahatan.

Al-Hasan berkata, "Semoga Allah merahmati seorang hamba yang berdiam sejenak ketika terbetik dalam pikirannya suatu hal, 'jika itu adalah amalan ketaatan pada Allah, maka ia melakukannya, sebaliknya jika bukan, maka ia tinggalkan'."

Muhasabah sesudah melakukan amalan yaitu dengan introspeksi atau mawas diri atas perbuatan yang telah dilakukan. Introspeksi atas; tingkat ketaatan kepada Allah, relasi dengan sesama dan kemampuan kendali.

Pada penghujung tahun ini bahan muhasabah yang perlu kita pertajam adalah nasehat Nabi s.a.w sebagaimana diriwayatkan Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma:

“Manfaatkanlah (jagalah) lima perkara sebelum lima perkara; waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum datang matimu.” (Riwayat. Al Hakim)

Perenungan mendalam atas nasehat Nabi s.a.w. tadi semoga mengantarkan kian mengokohkan pilihan hidup kita untuk menjadi mujahid dakwah membangun peradaban Islam. Pilihan hidup, pilihan kerja, pilihan bisnis yang tidak mengenal kata rugi.

Penulis: Nursyamsa Hadis | pegiat dakwah di Hidayatullah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image