Operasi Kemanusiaan ARM HA-IPB Tahap 2 Jangkau 5 Titik Lokasi di Cianjur

News  
Relawan ARM HA-IPB saat memberikan batuan ke Cianjur.

CIANJUR -- Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM HA-IPB), didukung tim medis dari Klinik IPB University dan DKM Masjid Alumni IPB, menggelar aksi kemanusiaan tahap 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (3/12).

Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein, M.Si., menyelia langsung jalannya operasi TDB Tahap 2 dengan Koordinator Lapangan Ir. Ali Fatoni. Ketua Umum HA-IPB, Ir. H. Walneg S. Jas, MM, ikut mendampingi Bersama Ketua Umum DPK IKA FKH IPB, Drh. Gunadi Setiadarma, dan Ketua I ARM HA-IPB, Dr. Ir. H. Imam Teguh Saptono, MM.

ARM HA-IPB dan IPB University, menurut rilis yang diterima redaksi Tadabbur, berhasil menjangkau 5 titik lokasi bencana untuk penyaluran bantuan. Tiga lokasi di antaranya langsung dikunjungi yaitu Posko di Kampung Mangun, Desa Mangunkerta dan Kampung Loji, Desa Cibeureum di Kecamatan Cugenang, serta Posko Perkebunan Ciputri Molek di Kampung Sarongge Cempaka, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu ARM HA-IPB mengalokasikan bantuan untuk 2 posko lainnya masing-masing di Kampung Sukawarna I, Desa Sarampad dan Kampung Gasol Kaler, Desa Gasol di Kecamatan Cugenang.

Melanjutkan giat TDB tahap sebelumnya, ARM HA-IPB menyelenggarakan empat jenis layanan yaitu distribusi barang bantuan, layanan medis, sesi dukungan psikososial bagi anak-anak dan ibu, serta asesmen layanan kesehatan ternak warga.

Bantuan logistik pangan berupa sebanyak 1 ton beras untuk dapur umum warga, 500 paket makanan siap santap, 200 paket bingkisan anak, berikut makanan bayi, mie instan, dan air minum telah didistribusikan. Termasuk, satu truk sayuran segar berupa kol, wortel, dan sawi hijau.

“Alhamdulillah, akhirnya kami bisa menambah menu. Sudah dua pekan ini kami tidak pernah makan sayuran,” kata Kang Dayat, salah satu koordinator warga, dengan mata berkaca-kaca karena haru.

Bukan itu saja. ARM juga menyalurkan bantuan non-pangan berupa 50 terpal, 100 selimut, 100 tikar, 200 paket hygiene kit, paket perlengkapan bayi, pakaian dalam pria-wanita dan lansia, serta pakaian layak pakai yang telah disortir dan dikemas ulang.

ARM HA-IPB melanjutkan layanan medis buat warga, bekerja sama dengan Unit Kesehatan Klinik IPB, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Alumni IPB. Sebanyak 2 ambulans, satu truk logistik, serta 4 mobil operasional dikerahkan. Seorang dokter umum, dua orang perawat, dua asisten apoteker, dua pengemudi ambulans, serta 15 orang relawan, melayani warga di Mangunkerta dan Cibeureum, didampingi Kepala Unit Kesehatan Klinik IPB, Drg. Titiek Jauhari.

Total 83 warga mendapat layanan kesehatan dan obat-obatan. “Kasus kesehatan yang diderita warga terdampak selama dua pekan bencana ini adalah Infeksi Saluran Pernafasan atas (ISPA), hipertensi, dan gatal-gatal,” kata Drg. Titiek Jauhari.

Di Mangunkerta dan Loji, Cibereum, ARM HA-IPB menggelar sesi dukungan psikososial bagi anak-anak dan para ibu. Kepala Bidang Manajemen Relawan ARM HA-IPB, Ir. Agoes Susilo, JP memfasilitasi langsung sesi ini lewat kegiatan bermain, edukasi, dan penanaman motivasi pada anak.

“Sebagaimana konsepnya, dukungan psikososial ini bukan untuk menyembuhkan (healing) melainkan mengurangi tekanan psikologis bagi anak-anak dan para ibu agar sedapat mungkin terus menjalani hidup dengan baik,” ujar Agoes. ARM HA-IPB membagikan pula bingkisan kepada anak-anak, yang menambah keceriaan mereka meskipun terpaksa tinggal di tenda pengungsian.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image