Mahalnya Sebuah Kesempatan

Hikmah  
Peluang tidak datang dua kali (gambar ilustrasi oleh Pixabay.com)

"Tidak ada penyesalan bagiku yang melebihi penyesalanku atas suatu hari di mana mataharinya telah terbenam, umurku telah berkurang, namun amalanku tidak bertambah." (Ibnu Mas'ud)

Waktu, umur, dan kesempatan, adalah nikmat yang paling berharga bagi kita setelah nikmat iman yang kita rasakan. Saking berharganya nilai waktu, Ibnul Qayyim berkata, "Waktu seseorang pada hakikatnya adalah umur. Ia adalah unsur penting bagi kehidupan abadi di surga atau unsur penting bagi kehidupannya di neraka dengan azab yang pedih. Waktu yang digunakan untuk Allah, itulah hidup dan umurnya yang hakiki. Apabila ia menghabiskan waktunya dalam kelalaian dan hanyut dalam keinginan-keinginan yang batil, maka ia akan mengisi waktunya dengan tidur dan menganggur. Dalam keadaan seperti ini, kematian buatnya lebih baik dari pada kehidupan."

BACA JUGA: Sedekah yang Dilarang

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengapa waktu sangat berharga bagi manusia? Karena waktu adalah kehidupan. Dengan waktu, manusia bisa memenuhi kebutuhannya.

Karena itulah kesempatan sangat mahal harganya. Ketika kesempatan hilang dan pergi, maka ia tidak akan kembali lagi, dan penyesalan pun datang.

Setiap detik dalam kehidupan ini harus kita isi dengan amal untuk akhirat. Karena akhirat adalah tempat kembalinya manusia, maka tidak pantas kita sia-siakan. Allah Ta'ala pun akan murka kepada orang yang menyia-nyiakan waktunya.

BACA JUGA: Pertolongan Allah Dekat dan Cepat

Yuk kita renungkan waktu yang sudah kita gunakan selama ini. Sebab, banyak orang yang tidak menyadari bahwa hidup di dunia ini adalah kesempatan mahal yang Allah Ta'ala berikan.

Waktu ibarat pedang. Semakin diasah semakin banyak manfaatnya untuk kehidupan akhirat.

Wallahu'alam. ***

Penulis: Agesti Ita Purnamasari | Mahasiswi STID M Natsir, Jakarta

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Mari Mengenal Keong

Pucat Pasi di Tobelo

Berita Tentang Anak dan Etika yang Dilanggar

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image