Mari Menjadi Muslim Rabbani

Ulasan  
Target hidup manusia adalah ridho Allah Ta'ala.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Ali Imran [3] ayat 79, "... Jadilah kalian pengabdi-pengabdi Allah (Rabbaniyyin), karena kamu mengajarkan kitab dan karena kamu mempelajarinya."

Dalam petikan ayat tersebut terdapat kata Rabbani atau Rabbaniyah. Inilah karakter utama ajaran Islam.

Para ulama menjelaskan kata “Rabbaniyah” berasal dari kata “ar-Rabb” yang ditambahi alif dan nun. Artinya, bersandar kepada Rabb, yaitu Allah Ta'ala.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi, manusia yang Rabbani, sebagaimana terdapat dalam ayat di atas, adalah manusia yang memiliki hubungan yang baik dengan Penciptanya, memahami ajaran yang diturunkan-Nya, dan mengajarkannya kepada orang lain.

BACA JUGA: Dakwah Itu Perlu Bertahap

Yusuf Al Qaradhawi menjelaskan dua hal terkait Rabbaniyah. Pertama, Rabbaniyah terkait dengan target atau tujuan (Rabbaniyah al-Ghayah wa al-Wijhah). Kedua, Rabbaniyah terkait dengan manhaj atau metode (Rabbaniyah al-Mashdar wa al-Manhaj).

Apa target atau tujuan dari hidup manusia? Tentu saja ridho Allah Ta'ala. Tentang ini, ada banyak ayat al-Qur'an yang menjelaskannya. Salah satunya terdapat dalam surat al-Insyiqaq [84] ayat 6, "Wahai manusia! Sesungguhnya kalian telah bekerja keras menuju Tuhanmu, maka kalian akan menemui-Nya.

Memang, tujuan kita menerapkan ajaran Islam dalam hidup itu ada banyak. Misalnya, untuk mendatangkan maslahat dan menghindarkan mafsadat, mengontrol hidup agar terhindar dari pertikaian, menjadikan hidup tenang dan tentram, atau memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun, muara dari semua tujuan tersebut adalah ridho Allah Ta'ala.

BACA JUGA: Jangan Hina Pendosa, Belum Tentu KIta Lebih Baik Darinya

Demikian pula dengan metode atau cara atau manhaj (jalan yang terang) dalam menjalani hidup harus sesuai dengan Islam sebagaimana diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah saw. Islam adalah satu-satunya manhaj yang berasal dari Rabb (wahyu). Tak mungkin salah dan keliru.

Jadi, jika diuraikan lebih luas berdasarkan penjelasan di atas maka Muslim yang Rabbani adalah Muslim yang paham dan sadar akan tujuan hidupnya, berjuang untuk meniti jalan yang lurus (terang) untuk mencapai tujuan tersebut, mengajak dan memahamkannya kepada orang lain, serta selalu belajar tentang tujuan dan jalan tersebut.

Wallahu a'lam.

Penulis: Mahladi Murni

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kisah Penugasan Dai ke Taliabo

Teluk Palu yang Pendiam

Korupsi Mengundang Azab Allah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image