Nashirul Haq: Semangat Ekspansi Telah Lama Menjadi Spirit Hidayatullah

News  
Ketum DPP Hidayatullah, Nashirul Haq. Menurutnya, semangat ekspansi telah lama menjadi spirit Hidayatullah.

Sejak dulu Hidayatullah telah melakukan ekspansi dakwah ke berbagai wilayah di Nusantara. Bahkan, tidak jarang para kader Hidayatullah ditugaskan merintis wilayah baru tanpa harus menunggu tersedianya sumberdaya yang memadai terlebih dahulu.

"Semangat ekpansi dakwah telah menjadi spirit sejak era Ustadz Abdullah Said (pendiri Hidayatullah)," jelas Nashirul dalam sambutan pelantikan pengurus harian empat DPW Hidayatullah di Pulau Papua, Sabtu (5/8/2023).

Sejak merintis berdirinya pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Kalimantan Timur, terang Nashirul, KH Abdullah Said telah mengirimkan dai-dai tangguh Hidayatullah ke seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Sumatera, dan Papua (yang kala itu masih disebut Irian Jaya).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal tersebut dilakukan untuk melanjutkan misi Rasulullah saw. Dulu, Rasulullah saw juga menugaskan para sahabat beliau untuk berdakwah di berbagai wilayah di jazirah Arab. Misi pengiriman ini dilanjutkan oleh Khalifaur Rasyidin ke berbagai penjuru dunia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Hidayatullah telah menambah empat DPW baru sehubungan pemekaran provinsi di wilayah Papua yang sebelumnya hanya dua provinsi menjadi 6 provinsi. Dengan dibentuknya 4 DPW baru ini berarti Hidayatullah telah ada di seluruh provinsi di Pulau Papua, sekaligus juga di Indonesia yang secara keseluruhan ada 38 provinsi.

Dalam sambutannya, Nashirul juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para kader Hidayatullah yang telah mendedikasikan dirinya untuk perjuangan dakwah di wilayah Papua. Kita tahu, jelas Nashirul, wilayah Papua penuh dengan tantangan, mulai dari alamnya hingga budaya masyarakatnya.

Namun, sejak awal para kader Hidayatullah yang ditugaskan ke wilayah ini telah menunjukkan loyalitas dan militansi yang tinggi. "Ini semua telah diwariskan para senior perintis kepada generasi muda saat ini. Sebagian dari para senior telah mendahului kita, sebagian lagi masih membersamai kita. Mereka menjadi pondasi yang kuat bagi Hidayatulah Papua," kata Nashirul.

Lebih lanjut Nashirul mengungkapkan rasa gembiranya atas acara pelantikan yang berlangsung Sabtu lalu (5/8), terlebih ia mendapat sambutan yang istimewa dalam acara tersebut. "Meski dengan segala keterbatasan, Hidayatullah terus melakukan ekspansi dakwah di seluruh Nusantara, termasuk di wilayah Papua ini," tuturnya.

Terakhir, Nashirul mendoakan kepada seluruh pengurus DPW yang telah dilantik agar diberi kekuatan lahir dan batin oleh Allah Ta'ala, sehingga mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik baiknya. ***

Penulis: Mahladi Murni |

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image