Dikdasmen DPP Hidayatullah Gelar Bimtek Nasional di Malang

News  
Suasana bimbingan teknis sekolah-sekolah Hidayatullah yang digelar di STT STIKMA Malang.

MALANG --- Departemen Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah pada Jumat hingga Ahad (3–5 Maret 2023) menyelenggarakan kegiatan Bimtek Nasional dan Upgrading Untuk Operator, Admin, TU Sekolah dan Madrasah Integral Hidayatullah di Kampus STT STIMA Internasional, Malang, Jawa Timur.

Acara yang diselenggarakan secara offline dan online tersebut diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari sekolah-sekolah Hidayatullah di seluruh Indonesia. Acara dibuka pada Jumat (3/3) sore oleh Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah, Ir. Abu A’la Abdullah, M.HI.

Dalam sambutannya, Abu A'la mengingatkan pentingnya sentralisasi organisasi, termasuk dalam hal pengumpulan dan pengolahan data di semua bidang. Ia berharap, sekolah-sekolah Hidayatullah bisa menjadi contoh penerapan sentralisasi tersebut lewat aksi nyata pasca bimbingan teknis ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Jika nanti ada yang bertanya berapa jumlah sekolah, murid, guru di suatu wilayah, bisa dijawab dengan mudah dan cepat bila semua data sudah terkumpul dan tersentral," jelasnya.

Sementara itu Ketua Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah DPP Hidayatullah, Dr. Nanang Noerpatria, mengungkapkan harapannya agar seluruh sekolah Hidayatullah bisa mengikuti bimbingan teknis ini. Karena itu bimbingan teknis seperti ini akan terus digulirkan sampai target pengumpulan data bisa terpenuhi.

Kepala Biro Humas DPP Hidayatullah, Mahladi Murni, menjadi pemateri pertama dalam acara bimbingan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa data yang perlu dikumpulkan dan disentralkan ada dua jenis. Pertama, data yang digunakan untuk disimpan sebagai bahan evaluasi dan penyusunan rencana ke depan. Kedua, data yang digunakan untuk dipublikasikan.

Aktivitas mempublikasikan data ini, katanya lagi, tak bisa dilakukan dengan gegabah. "Organisasi harus menganalisa mana saja data yang bisa dipublikasi dan mana saja data yang disimpan hanya untuk kepentingan internal," jelasnya.

Penyusunan data dan informasi yang dipublikasikan juga harus dilakukan secara baik. Salah satunya lewat website sekolah atau organisasi. Karena itu, imbuhnya, sekolah-sekolah Hidayatullah sebaiknya membuat website sebagai sarana publikasi. Website-website ini harus memiliki ciri khas sehingga masyarakat tahu bahwa itu milik Hidayatullah. Kekhasan tersebut bisa berupa desain website, pembuatan jaingan, atau pencantuman logo. ***

Penulis: Ibnu M Hawab

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image