'Wahai Dai, Inilah Perniagaan Kita Kepada Allah'

News  
Ust Nursyamsa Hadits saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakor dan Daurah Dai Hidayatullah.

PEKANBARU --- Ketua Bidang Dakwah dan Pelayanan Umat DPP Hidayatullah, Ust Nursyamsa Hadis, mengatakan di hadapan para dai Hidayatullah se-Sumatera bahwa menjadi dai adalah pilihan sadar kita semua.

"Ini adalah pilihan yang benar. Tinggal bagaimana kita mempertahankan konsistensinya," jelas Nursyamsa dalam acara pembukaan Rakor Dakwah dan Dauroh Mualim Hidayatullah se-Sumatera dengan tema Sentralisasi, Standardisasi, dan Integrasi Sistemik untuk Sukses Gerakan Dakwah Hidayatullah Nasional di Pekanbaru, Riau, Kamis (28/7).

Pilihan menjadi dai, jelas Nursyamsa lagi, akan menjadi modal besar perniagaan kita kepada Allah Ta'ala. Perniagaan ini tak akan pernah merugi dan kita akan menerima hasil perniagaannya di dunia, terlebih lagi di akhirat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selanjutnya, Nursyamsa berpesan agar dai harus mencetak sejarah. Caranya, tinggal dan berdakwahlah di tempat-tempat terpencil, terluar, atau di tempat minoritas. Di sana, para dai bisa membangun masjid, mendirikan Rumah Qur'an, atau pesantren, sehingga masyarakat bisa merasakan nikmatnya ber-Islam.

"Kalau mau merasakan cepatnya pertolonga Allah, maka berdakwalah di daerah-daerah pedalaman, terasing, atau minoritas. Di sana tantangannya luar biasa. Para ustadz sudah merasakan hal itu," tutur Nursyamsa lagi.

Sementara itu ketua panitia acara, Ust Muhammad Ihsan Taufik menjelaskan bahwa ada 65 dai dari berbagai provinsi di Sumatera yang ikut dauroh dan rakor ini. Acara akan berlangsung selama empat hari, yakni Kamis (28/7) hingga Ahad (31/7).

Di Riau sendiri, kata Ihsan yang juga ketua Pos Dai wilayah Riau, mereka telah membentuk Relawan Dai Muda yang tugasnya memfasilitasi anak-anak muda untuk ikut berdakwah. Jumlah relawan saat ini mencapai 150 orang. Kebanyakan mereka adalah mahasiswa dan mahasiswi.

Setiap pekan, mereka berbagi nasi bungkus. Pernah juga mereka mendatangi masyarakat di Pulau Rupat dan Rokan Hilir untuk berbagi makanan. "Mereka senang sekali ikut berdakwah bersama kami, dan kami juga senang mengajak anak-anak muda terjun langsung dalam dakwah," jelas Ihsan.

Selain itu, PosDai Riau juga membangun Sekolah Dai yang peresmiannya dilakukan bersamaan dengan acara pembukaan Rakor dan Dauroh pada Kamis (28/7). Peresmian dilakukan oleh Ust Nursyamsa Hadis. ***

Penulis: Mahladi Murni

Berita Terkait

Image

Seorang Penulis Harus Punya Visi Besar, Jangan Sekadar Memenuhi Target

Image

Hidayatullah Dukung Gerakan Tolak Kedatangan Timnas Israel

Image

Kisah Dai di Pulau Rupat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image